Di Tengah Penerapan PPKM Mikro, Pemdes Sukamaju Intruksikan Pemilihan RT/RW

INTELMEDIAUPDATE.COM -Di tengah pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro) yaitu hingga tingkat RT/RW untuk pengendalian COVID-19 yang diterapkan mulai 9 hingga 22 Februari 2021. Penerapan PPKM Mikro disesuaikan dengan data perkembangan kasus untuk menekan kasus positif Covid-19. Beredar surat intruksi Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang dengan Nomor : 001/02/Sukamaju/2021 untuk pelaksanaan pemilihan Ketua Rt, Rw, Kader Posyandu serta BPD secara langsung.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa Sukamaju Cucum Ratna Suminar melalui pesan singkat Whatsapp, Jumat, (12/02/2021). Menurutnya, pemilihan tersebut dilaksanakan karena Ketua Rt dan Rw disemua wilayah Desa Sukamaju mengundurkan diri, “Itu juga sudah dilaksanakan di semua wilayah karena RT dan RW lama sudah pada mundur, sudah pelaksanaan tentunya warga taat aturan,”kata Cucum melalui pesan WhatsApp kepada wartawan Intelmediaupdate.

“Pemilihan RT dan RW dilaksanakan dengan cara musyawarah mufakat diwakili para tokoh, ustad dan pemuda dan dilaksanakan di masing-masing wilayah sehingga tidak menimbulkan kerumunan masyarakat,”kata Cucum.

“Pemilihan RT dan RW itu ranah wilayah setempat, dan karena di dalam pelaksanaannya tidak melibatkan seluruh warga (hanya perwakilan dengan jumlah tidak lebih dari 30), itupun teknisnya sudah diatur oleh panitia setempat, saya sudah lapor ke camat secara lisan selasa lalu,”tegas Cucum.

Masih menurut Cucum Ratna Suminar, Pelaksanaan pemilihan tidak serentak, yang penting minggu ini sudah harus selesai, karena di Desa Sukamaju sudah tidak ada RT dan RW sehingga dapat mengganggu dalam pelayanan kebutuhan masyarakat. “Sekarang alhamdulillah semua wilayah sudah selesai,”pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Seketaris Camat (Sekcam) Cibungbulang Agus ketika ditanya apakah pihak Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan sudah mendapat surat izin pemberitahuan akan digelarnya pemilihan Ketua Rt dan Rw di Desa Sukamaju, dirinya mengatakan belum mendapatkan pemberitahuan. “Belum, ” singkatnya. Ditanya lebih jauh, apakah pihak satgas covid 19 Kecamatan memberikan izin, sampai berita ini diturunkan Sekcam Kecamatan Cibungbulang belum memberikan jawaban.

Kegiatan pemilihan Ketua Rt dan Rw di Desa Sukamaju secara langsung ini, melanggar Intruksi Mendagri (Imendagri) nomor : 03 Tahun 2021 tentang PPKM berbasis Mikro, yang didalamnya melarang kerumunan lebih dari Tiga Orang, membatasi keluar masuk wilayah Rt maksimal hingga pukul 20:00 ; serta meniadakan kegiatan sosial masyarakat dilingkungan Rt yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan. (DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *