Jadi Panutan, Katar Desa Barengkok-Karacak Bebersih Sampah

INTELMEDIAUPDATE.COM- Diinisiasi Karang Taruna Kecamatan Leuwiliang, Beberapa elemen masyarakat 2 Desa (Barengkok, Karacak-red) di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor lakukan aksi bersih-bersih sampah yang menumpuk disepanjang jalan Barengkok-Karacak yang terpusat di Citeureup Desa Barengkok. Minggu, (31/01/2021). Aksi yang diberi nama ‘Operasi Gabungan Penanggulangan Sampah Pinggir Jalan’ tersebut mendapat apresiasi para pengguna jalan, yang mana keberadaan sampah yang menumpuk tersebut sudah cukup lama dibiarkan, sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Untuk mempercepat pengangkutan sampah, dibantu truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor yang selanjutnya dibuang ke TPAS Galuga. Ketua Karang Taruna Kecamatan Leuwiliang Telly Saat dilokasi mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi konsep PHBS (Prilaku Hidup Bersih Sehat). “Karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama, disini kita tidak saling menyalahkan tetapi momentum ini menjadi ajang kebersamaan dalam kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan,”ujar Telly.

Masih menurut Telly, Karang Taruna sendiri mempunyai program “Sampah Pinggir Jalan (Sampiran) , suatu program yang fokus untuk membersihkan sampah-sampah rumah tangga yang menumpuk dipinggir jalan. Hal ini juga menjadi catatan mempertanyakan kinerja DLH yang dianggap terlalu komersil.

“Memang sampah disini, akibat orang buang sampah sembarangan, apakah karna gak ada yang bertanggung jawab bayar iuran untuk mengangkut sampah sehingga selama ini didiamkan saja menumpuk,”tegas Telly.

Lebih lanjut Telly mengatakan, “jadi kita akan berkoordinasi dengan DLH kabupaten Bogor Bagaimana caranya tercipta lingkungan sehat dan bersih, sehingga Leuwiliang menjadi daerah destinasi wisata,” ungkapnya lagi.

Turut hadir, Kepala Desa Karacak Saonah beserta Kepala Desa Barengkok Yulisdiawati. Kepada awak media mereka berterimakasih atas respon luar biasa semua unsur elemen masyarakat yang ikut terjun dalam aksi bersih-bersih sampah. “Terimakasih terhadap lintas Ormas, Komunitas dan wartawan, serta masyarakat sama-sama peduli,” kata Saonah.

“Alhmdulilah kegiatan bisa terealilasi secara gotong royong, saya minta kesadaran dari masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,”pintanya. (DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *