Kali Baru Cibinong, Lain Dulu Lain Sekarang, Ini Penampakannya!

INTELMEDIAUPDATE.COM- Masih ingat bantaran Kali Baru di Cibinong yang dulunya pernah dijadikan tempat pembuangan sampah liar, kemudian di sulap menjadi taman karang taruna dan tani (KARTA) oleh forum karang taruna se-kecamatan Cibinong?.

Saat ini, tak hanya bantaran kali nya saja. Aliran kali nya pun kini telah berubah dengan penampakan yang jauh terbilang bersih jika dibandingkan pada kondisi sebelumnya. Hal itu menjadi topik obrolan hangat tim redaksi Intelmedia bersama Ketua Wilayah I Karang Taruna Kabupaten Bogor, Deni Suhendar, di Saung Taman KARTA yang tak jauh dari Fly Over Cibinong (Jalan Raya Jakarta – Bogor), Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat, pada hari Rabu sore (3/2/2021).

“Selain daripada taman karang taruna dan tani (KARTA) yang di proyeksikan pada edukasi pertanian (cocok tanam) alias perkebunan, budi daya perikanan, orientasi bidang wisata pun tak ketinggalan. Terutama wisata air dengan memanfaatkan aliran air Kalibaru sepanjang kurang lebih 1 Kilometer dari lokasi perbatasan dengan kelurahan Cirimekar yang tak begitu jauh dari terminal cibinong hingga lokasi ini yang berbatasan dengan kelurahan Ciriung,” ungkap Deni.

Adanya kondisi Kali pada lokasi tersebut, sambung dia, yang sudah jauh lebih bersih dibandingkan sebelumnya merupakan hasil kerjasama dan soliditas para anggota karang taruna yang terjun langsung membersihkan sampah-sampah yang ada.

“Kebanyakan, selain sampah styrofoam dan plastik, di dominasi oleh kayu-kayu bekas pohon tumbang dan bekas peti buah-buahan,” imbuh pria ini yang sebelumnya menjabat Ketua Forum Karang Taruna Kecamatan Cibinong.

“Alhamdulillah, dengan capaian hingga saat ini, targetnya tidak lama lagi bersamaan dengan event hari peduli sampah nasional pada tanggal 21 Febuari mendatang, akan di adakan lomba foto Kalibaru sekaligus launching Wisata Air Kalibaru Cibinong,” cetusnya melanjutkan.

Berbicara terkait edukasi, Deni mengatakan bahwa selama ini telah berjalan proses edukatif bagi para anggota karang taruna dan masyarakat umumnya dalam hal pembibitan tanaman juga perikanan.

Taka hanya itu juga, masih katanya, sebelum launching wisata air tersebut, pihaknya telah mengadakan secara rutin pelatihan rescue dengan menggunakan perahu karet yang tersedia.

“Pelatihan telah dilakukan secara rutin sebelum launching, karena nantinya dengan menggunakan Perahu Motor yang ‘khusus’ tetap akan didampingi oleh anggota rescue kami demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama,” kata Deni.

Berdasarkan pantauan langsung tim redaksi di lokasi. Kalibaru cibinong telah berubah drastis. Tim Rescue Karang Taruna setempat tengah melakukan latihan dayung melawan arus air. (Wandona)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *