PWI : Wartawan Harus Punya Jiwa Pejuang

INTELMEDIAUPDATE.COM, BOGOR – Wartawan harus mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya, hal itu disampaikan oleh Ketua Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, H.Subagio, kepada Intelmedia saat ditemui pada acara Syukuran memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT PWI yang ke-75 di Kantor PWI Kabupaten Bogor, Jawa Barat (9/2/2021).

“Mencontoh para pejuang, para pahlawan, begitupun wartawan, harus memiliki jiwa seorang pejuang. Tidak boleh ‘cengeng’, harus bersungguh-sungguh dalam menekuni profesinya karena termasuk sebagai penegak demokrasi,” ungkap Subagio.

Menurutnya, seorang wartawan sudah sepatutnya menggunakan hati nurani dalam memberitakan apa yang disampaikan oleh para nara sumber demi kebaikan masyarakat. Pasca reformasi, masih menurutnya, perkembangan media sangat luar biasa. Oleh karena itu, bagi siapapun yang terjun ke profesi ini, harus bersungguh-sungguh, tidak hanya sekedar ‘iseng’ maupun sekedar mencari ‘sesuatu’ atau dengan kata lain bersifat IDEALISME.

Sementara itu, tak ketinggalan, Sekretaris PWI Kabupaten Bogor, M.Nurrofik, mengatakan, dalam menjalankan tugas jurnalistik, wartawan harus tetap berpijak kepada undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers serta tetap dalam koridor (kode etik jurnalistik). “Karena jika tidak berlandaskan kepada undang-undang tersebut, berarti bukan produk jurnalistik,” katanya mengingatkan. (Wandona)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *