Tips Mengadakan Belajar Online yang Efektif

Oleh : Mustika Ningsih SPd.SD

INTELMEDIAUODATE.COM-Pada artikel ini saya ingin membagikan tips, bagaimana cara mengadakan belajar online yang efektif bagi para pengajar dan peserta didiknya. Sangat disadari aktivitas belajar dari rumah selama pandemi memunculkan sejumlah kendala seperti kejenuhan pada kami sebagai pengajar. Sehingga dituntut kreatifitas nya dalam membangun interaksi dengan siswa.Interaksi baik yang terbangun nantinya diharapkan bisa membuat pengajar dan peserta didik tidak begitu kehilangan interaksi fisik yang biasanya dimiliki di sekolah bersama dengan teman-temannya.

Bertegur sapa langsung dan berinteraksi pada semua kegiatan yang dilakukannya disekolah. Disini saya akan tuliskan tips mengajar online yang pernah dilakukan sebagai berikut:

1. Memilih KD yang disesuaikan dengan materi essensial. Seorang pengajar wajib memilih Kompetensi Dasar apa yang akan dijadikan bahan pembelajaran agar apa yang menjadi tujuan dan hasil dari proses pembelajaran akan tercapai. Buatlah catatan kecil pada agenda yang disiapkan pengajar.

2. Membuat rancangan pembelajaran yang disesuaikan kebutuhan.
Berisi naskah atau skenario dari cerita yang akan diajarkan.Sebagai guru dapat melihat dari rancangan pembelajaran sebelumnya RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) yang biasa dilakukan saat tatap muka,namun untuk rancangan ini membutuhkan materi esesensial yang diambil dari kurikulum darurat yang dapat diambil dari pemerintah daerah setempat.

Menyiapkan konten pembelajaran. Gunakan alat pembelajaran online untuk menyusun konten pembelajaran dalam urutan logis. Tambahkan klip audio, video, PPT, dan PDF ke belajar online untuk meningkatkan keterlibatan.

Tampilan grafis 3D dari informasi yang bergerak secara dinamis sangat berharga ketika harus menyajikan topik yang rumit. Perhatikan panjang modul dan durasi video agar siswa tidak merasa bosan.

Membuat desain instruksional yang menarik. Halaman-halaman materi harus bersih dan tidak berantakan. Hindari terlalu banyak fakta atau pertanyaan. Kebanyakan Learning Management System menggunakan desain Google Material yang intuitif dan mudah dinavigasi.Desain canva saat ini sangat mudah digunakan untuk memberi intruksional yang menarik.Guru dapat denganmudah menggunakannya dapat kita desain dari hand phone,selesai langsung kita kirim via group WA siswa atau WA group Orang tua.dengan desain canva sangat menarik untuk dipahami siswa,efektif dan efisien.

Pilih software e-learning yang baik. Gunakan perpustakaan konten online untuk menyimpan semua sesi digital. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur tambahan seperti portal eCommerce terintegrasi dan aplikasi seluler.
dorong siswa untuk membentuk grup online. Setiap siswa/ memiliki keahlian yang unik, dan para pengajar bisa mendorong mereka untuk bergabung dengan grup belajar online, dan mengerjakan proyek bersama.

Menggunakan papan diskusi, ruang obrolan, atau komunitas online lain akan membantu pelajar online membuat koneksi sosial dan merasa mereka adalah bagian dari kelas .
demikian artikel ini saya tulis sebagai bahan perbandingan rekan-rekan guru sekolah dasar dimanapun berada.

Semoga bermanfaat.Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada ibu kepala Sekolah dan semua guru-guru SDN Panaragan 1 Bogor. (*)

BIODATA PENULIS
1.Nama : Mustika Ningsih SPd.SD
2.Tempat tanggal lahir : Bogor 11 September 1967
3.Alamat : Jln.A Yani RT4/4 GG.Mesjid no 49
Tanah Sareal Bogor
4.Pendidikan terakhir : PGSD
5.Jabatan : Guru sekolah Dasar
6.Golongan : 3 C/Penata
7.Unit kerja : SDN Panaragan 1 Bogor.
Email: mustikabogor5@gmail.com
HP: 087874612902
IG: mustikaningsih54
Telegram: @Nink67
FB:https://www.facebook.com/mustikanigsih67

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *