Warga Desa Cipari Kareo Maksimalkan Lahan Pertanian, Adopsi Sistem Tanam ‘Jajar Legowo’

 

 

 

INTELMEDIAUPDATE.COM – menjelang awal masa tanam padi yang berlokasi di Desa Cipari Kareo, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua menggandeng Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian untuk memberikan penyuluhan penanaman awal dengan menggunakan sistem “Jajar Legowo”.

 

Jajar legowo sendiri bisa diartikan secara bebas sebagai pemanfaatan luas lahan dengan penataan penanaman padi secara berbaris. Sehingga memudahkan dalam perawatan padi dan peningkatan produktifitas panen.

 

Bersama dengan Kelompok tani (Poktan) Milenial yang berisi generasi muda, Lurah Heru Hendrawan (44) langsung terjun ke lapangan dan memberikan contoh kepada masyarakat pada selasa (02/03/21)

 

“Lahan pertanian ini akan kami genjot terus dengan program program terpadu lainnya, ” kata Lurah Heru.

 

Lahan seluas 5 hektar yang dimiliki oleh 6 orang dengan luas area yang berbeda, dalam pengelolaannya menyedot tenaga kerja yang mencapai 15 orang penggarap. Mereka bergotong royong dengan sistem upah kerja.

 

Setiap tiga bulan sekali, panen pertanian ini mencapai 30 ton dari jenis padi IR 36 disetiap. Program penanaman padi ini masih dicobakan terlebih dahulu untuk mengubah pola kebiasaan bercocok tanam. Pada masyarakat yang ketergantungan pada pupuk kimia. (michell)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *