Desa Sinarsari Targetkan Bersih dan Ikonik Melalui KRL

INTELMEDIAUPDATE.COM, Dramaga РMasyarakat Desa Sinarsari yang digawangi oleh Putra selaku ketua KRL (Kampung Ramah Lingkungan) Desa Sinarsari menargetkan desa yang bersih dan ikonik melalui program KRL. Sebuah program pemeliharaan lingkungan yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor demi mengupayakan lingkungan yang sebelumnya kumuh dan kotor menjadi daerah yang bersih dan hijau (asri) di Desa Sinarsari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor belum lama ini.

 

“Saya rasa setiap orang pasti ingin melihat desanya bersih dan indah dipandang mata. Tapi jangan lupa, kampung ramah lingkungan juga merupakan salah satu upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup” kata Putra.

 

Ia mengakui, perjuangannya beserta rekan-rekan yang tergabung bersamanya memang tidak gampang. Mengaplikasikan wacana menjadi tindakan tentu memerlukan keinginan yang kuat dan visi yang seragam. Tak hanya membuat Sinarsari bersih, nyaman dan bermanfaat, Putra juga menginginkan agar desanya menjadi ikonik. Menurutnya, tanaman yang dipilih untuk menghiasi Sinarsari harus juga memiliki manfaat dan nilai ekonomis. Tim KRL desa Sinarsari memilih rt. 04 rw. 02 sebagai wilayah percontohan Program Kampung Ramah Lingkungan agar kedepannya dapat ditiru dan diikuti oleh wilayah lainnya.

 

“Sementara waktu mungkin masih tanaman hias yang kami tanam, sambil menunggu bunga matahari yang kami bibitkan cukup kuat untuk ditanam disepanjang jalan. Kami memilih beberapa tanaman yang bukan hanya memliki nilai estetik namun juga harus memiliki nilai ekonomis yang kedepannya dapat bermanfaat. Bukan cuma menghias Sinarsari menjadi ikonik, pengelolaan sampah dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) juga menjadi wacana yang saat ini intens kami bicarakan dan godok agar bisa terealisasi” beber Putra menambahkan.

 

Perkembangan Kampung Ramah Lingkungan tersebut tak lepas dari pantauan Camat Dramaga Ivan Pramudia. Hal itu dikemukakan beberapa warga setempat yang kerap berpartisipasi dalam kegiatan KRL di Desa Sinarsari.

 

Kepada awak media, Ivan mengaku bahwa segala sesuatu hal yang positif tentu akan mendapatkan dukungannya secara pribadi maupun secara profesi.

 

“Ya, kita harus membantu mengembangkan kreatifitas para pemuda, saya tentunya harus mendukung secara pribadi maupun kedinasan. Tentunya keinginannya adalah setiap desa punya KRL, sehingga jargon Dramaga yaitu Beriman Bersih Merenah¬†(Bebenah) bisa terlaksana” tandas Ivan.

 

Untuk diketahui, sejauh ini sudah 3 desa se-Kecamatan Dramaga yang telah merealisasikan maupun yang tengah merealisasikan program Kampung Ramah Lingkungan. Diantaranya yakni Desa Purwasari, Sukadamai dan Desa Sinarsari.

 

Ivan berharap desa lainnya di wilayah Kecamatan Dramaga bisa mencontoh wilayah yang sudah berjalan dan berpartisipasi aktif menciptakan Dramaga Beriman Bersih dan Nyaman. (Wando/Lea)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *