oleh

Kelurahan Tengah Berbagi Ceria dengan Dhuafa dan Yatim

INTELMEDIAUPDATE.COM, Cibinong – Ratusan anak yatim dan kaum du’afa mendapatkan santunan uang tunai berikut paket sembako dalam rangka memperingati 10 Muharam 1444 Hijriah. Peringatan tersebut rutin di adakan setiap tahun oleh warga masyarakat Kelurahan Tengah yang terkoordinir oleh lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) setempat. Acara santunan tersebut berlangsung di Saung Bogania Rw 02 Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada hari Senin (8/8/2022).

Pada kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Kerukunan Warga Bogor (KWB), PWI Kabupaten Bogor, Camat Cibinong, TNI dan Polri, MUI, PHBI serta para pengurus LPM setempat dan rt/rw se-kelurahan tengah bersama para warga masyarakatnya.

“Inilah wujud kekompakan warga masyarakat Kelurahan Tengah dalam memperingati 10 Muharam, terimaksih, terutama kepada seluruh rt/rw hingga terlaksananya peringatan ini,” ujar Lurah Tengah, Awan Sundawan, dalam sambutannya.

Menurut pimpinan Kelurahan Terbaik se-Kabupaten Bogor tahun 2021 ini, tingkat kepedulian warga kelurahan tersebut terbilang ‘luar biasa’ dengan ‘guyub’nya (kerukunannya) yang nampak pada kegiatan keagamaan dan sosial. Selain itu masih menurut Awan, menyambut peringatan hari kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang, ia berencana akan memberikan piagam penghargaan bagi ‘RW Terbaik’ dalam memeriahkannya.

“Saya berharap kepada warga Kelurahan Tengah agar terus meningkatkan rasa saling asih, asuh, dalam kerukunan. Terimakasih, tak lupa juga kepada jajaran ‘sayap organisasi’ Kelurahan Tengah,” pungkas Awan Sundawan.

Ketua LPM Kelurahan Tengah, H. Munin pun menyampaikan sambutannya dengan membeberkan rutunitas kegiatan peringatan hari besar tersebut.

“Peringatan pada hari ini adalah yang ke-23 kalinya di Kelurahan Tengah, selama ini, sebelumnya, LPM bersama Bogania juga memfasilitasi mengadakan peringatan 1 Muharam dan 10 Muharam,” urainya.

Kata H. Munin, sebelumnya, pihaknya dalam perayaan memperingati hari besar Islam tersebut, memberikan doorprize bagi peserta berupa fasilitas “UMROH” bagi 1 orang yatim dan 1 orang duafa. Tapi untuk kali ini akan diberikan berupa satu ekor sapi bagi masing-masing 7 orang yatim dan 7 orang duafa untuk ber-qurban kedepannya.

“Dengan dikomandoi Lurah, semua elemen solid dalam musyawarah di Kelurahan Tengah,” kata ketua paguyuban LPM se-Kecamatan Cibinong sekaligus pemilik Saung Bogania ini.

Tak ketinggalan, Ketua MUI tingkat Kelurahan Tengah, Naman Sibinan, turut menyampaikan bagaimana pihaknya memfasilitasi kebutuhan pendidikan bagi para anak yatim dan duafa khususnya di Kelurahan setempat.

“Selama ini yang sudah berjalan yakni memfasilitasi para anak yatim dan duafa yang putus sekolah agar bisa melanjutkan. Rencananya juga dengan upaya mengadakan berupa beasiswa dimulai dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi,” kata Naman.

Usai acara, ketua RW 02, Abdul Manan, sekaligus selaku panitia pelaksana kegiatan menguraikan pelaksanaan santunan pada peringatan tersebut.

“Dengan kerja keras teman-teman para pengurus rw dan rt sekelurahan, kegiatan yang sudah dijadikan agenda rutin setiap tahun ini bisa sukses, didukung oleh pemerintah, dan LPM bersama Saung Bogania juga para stake holder, organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Kelurahan Tengah,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, “sebanyak 212 orang anak yatim yang masing-masing diberi santunan uang tunai sebesar Rp 1.200.000,- berikut paket sembako dan sebanyak 450 orang duafa yang masing-masing disantuni uang tunai Rp 100.000,- plus paket sembako, itulah yang mampu kita berikan tahun ini,” terang Abdul Manan.

Kegiatan diakhiri dengan Tausiyah dan memanjatkan doa bersama hingga pemilihan anak yatim dan duafa yang akan mendapatkan satu ekor sapi.

Pantauan langsung dilokasi, acara berlangsung khidmat, hangat kekeluargaan. Warga masyarakat sangat antusias, mereka ramai hadir di Saung Bogania. (Wando)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.