Program BIAN, Puskesmas Cirimekar Sasar 2.996 Balita

INTELMEDIAUPDATE.COM, Cibinong – Puskesmas Cirimekar sejak awal bulan Agustus ini aktif melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Itu disampaikan oleh kepala Puskesmas tersebut, dr.Hendrianto, saat ditemui di Puskesmas Cirimekar yang berada di Kelurahan Cirimekar Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada hari Selasa (16/8/2022).

“Berdasarkan data real, terdapat sebanyak 2.996 orang anak di bawah lima tahun (balita) tepatnya usia anak hingga 59 bulan yang menjadi target sasaran BIAN. Vaksin MMR yang digunakan, kombinasi dari Mumps, Measles dan Rubella,” ungkap dr.Hendri kepada Intelmedia.

Menurut pemaparannya, masih berdasarkan data tersebut, jumlah anak yang dimaksud tersebar di tiga kelurahan yang termasuk dalam wilayah tugas binaan kesehatan Puskesmas Cirimekar. Diantaranya yaitu Kelurahan Cibinong sebanyak 994 balita, Kelurahan Ciriung sebanyak 1.503 balita dan Kelurahan Cirimekar sebanyak 499 balita.

“Dilaksanakan bekerjasama (‘numpang’) di Posyandu yang ada di tiap kelurahan. Di Ciriung terhitung ada 14 Posyandu, Cirimekar 9 Posyandu dan di Kelurahan Cibinong ada sebanyak 18 Posyandu. Tenaga kesehatan dokter dan bidan dibantu para ‘kader’ setempat,” urainya melanjutkan.

Disamping itu, penuturan dr.Hendi, pelaksanaan BIAN disertai juga program ‘Kejar’, yakni imunisasi Pentabio (DPT plus) juga pemberian vitamin A, disertai vaksinasi Covid-19.

“Kepada para orangtua yang memiliki balita, sebaiknya manfaatkan program ini, mumpung adanya BIAN dengan vaksin MMR dari pemerintah. Sebelum adanya program BIAN, untuk 1 kali suntik vaksin ini bisa dikenakan biaya ratusan ribu rupiah di fasilitas kesehatan (faskes) swasta,” pungkasnya.

Terpisah, Lurah Ciriung, Heru Irawan, saat ditemui usai pelaksanaan imunisasi di posyandu lingkungan rw 13 kelurahan tersebut menuturkan, “di minggu kedua bulan ini, khususnya di Ciriung, sudah terlaksana di 7 rw dari 14 rw yang ada,” katanya.

“Sampai hari ini capaian sudah 61% dari jumlah balita target sasaran imunisasi di kelurahan Ciriung,” terang Heru. (Wando)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *