oleh

KUA Cibinong Dan Disdukcapil Launching Layanan “PELUK SAMAWA”, Apaan Tuh?

INTELMEDIAUPDATE.COM, Cibinong – Bertujuan demi memudahkan masyarakat mendapatkan layanan dalam hal urusan status pernikahan, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cibinong kini telah mulai memberikan Layanan Pernikahan terintegrasi dengan Layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) “PELUK SAMAWA” pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor. Layanan tersebut di launching oleh kedua belah pihak secara bersama di KUA Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada hari Jum’at (9/9/2022).

“Tentunya karena ingin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan menyediakan layanan terintegrasi agar mereka yang telah melaksanakan akad nikah, bisa sekaligus langsung menerima selain kutipan buku nikah, juga mendapatkan KTP dan KK yang baru, sesuai status nikahnya,” ungkap Kepala KUA Cibinong, H.Roby Samsi, saat ditemui Intelmedia diruang kerjanya.

Menurut penuturan Roby, pihaknya sebelum ‘launching’ layanan tersebut, pernah mengusulkan inovasi berupa layanan terpadu bersama Disdukcapil pada pertemuan kerja beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah, sekarang ditindak lanjuti oleh Disdukcapil bersama KUA Cibinong sebagai ‘pilot project’nya. Tapi, sesuai arahan beliau (Kepala Disdukcapil), layanan ini dikerjakan khusus bagi yang melangsungkan pernikahan pada hari kerja di KUA (nikah di KUA),” tutur Roby menjelaskan.

Masih menurut keterangannya, data calon mempelai yang telah mendaftar secara langsung di KUA ataupun secara online, akan dikirim ke pihak Disdukcapil pada 3 hari sebelum akad nikah.

“Dengan dimulainya pelayanan kependudukan sakinah mawaddah (PELUK SAMAWA) ini, insya Allahu, masyarakat Kabupaten Bogor bisa merasakan kemudahan dalam mendapatkan data identitas (KTP/KK) sesuai status nikahnya,” pungkas Roby. (Wando)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.