oleh

Program ‘Kopi Seduh’ Kecamatan Cibinong Bidik Penyandang Disabilitas

INTELMEDIAUPDATE.COM, Cibinong – Setelah sebelumnya meraih penghargaan Juara 1 Inovasi Daerah kategori Kecamatan pada tahun 2021 dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Kabupaten Bogor, layanan KTP Online Pesan Dirumah Sampe Dirumah (Kopi Seduh) menggunakan aplikasi What’sApp di Kecamatan Cibinong kini turut menyasar ke para warga penyandang disabilitas. Pengembangan tersebut diketahui berdasarkan penuturan keterangan dari pihak kantor Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, kemarin.

“Sebelumnya, ‘Kopi Seduh’ mendapatkan penghargaan juara 1 Inovasi Daerah kategori kecamatan dari Bappedalitbang pada tahun 2021 yang lalu. Itu berdasarkan kajian ilmiah kami di masa pandemi Covid-19, khususnya pelayanan KTP yang rusak ataupun yang hilang tidak perlu datang langsung ke kantor pelayanan, pengajuannya cukup melalui pesan singkat What’sApp. Kecuali untuk perekaman langsung,” tutur Camat Cibinong, DR.Rusliandy, kepada Intelmedia (20/9/2022).

Menurutnya, masih berdasarkan kajian ilmiah, perlu adanya peningkatan layanan / penambahan kegiatan seiring berjalannya inovasi layanan tersebut. Peningkatan yang dimaksud yaitu layanan yang di proyeksikan kepada para penyandang disabilitas / kaum difabel (differently able) ataupun yang menderita “sakit” sehingga tidak bisa datang langsung ke kantor pelayanan Kecamatan Cibinong untuk proses perekaman.

“Untuk itu, dalam 1 bulan, kami jadwalkan meluangkan 1 hari khusus ‘mobile’ berkunjung ke para warga penyandang disabilitas. Dalam 1 hari bisa melayani 10 orang difabel dan yang sedang sakit. Kami melakukan pendekatan melibatkan pihak kantor kelurahan setempat beserta TKSK dan IPSM,” beber Rusliandy menjelaskan.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias dengan adanya peningkatan konsep layanan ini. Inovasi ini pun telah kami daftarkan pada ajang lomba inovasi ditingkat provinsi Jawa Barat,” terangnya.

Terpisah, mengkonfirmasi hal tersebut, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Kecamatan Cibinong, Sofa, ia mengatakan, “Alhamdulillah dari pelaksanaan di Kelurahan Pabuaran ada 10 Lansia dan Disabilitas, KTP sudah terdistribusi. Masyarakat dan rt/rw juga menyambut baik di lapangan dan merespon positif. kemudian di kelurahan nanggewer target 10 orang hanya 9 yang bisa kita bantu sedangkan yang satunya karena mengalami gangguan mental tidak mau,” jawabnya menguraikan (21/9).

Selain itu, kata Sofa, di Kelurahan Cibinong hanya 8 orang yang bisa mereka bantu dalam perekaman e-KTP. Katanya, Lurah cibinong (Sugiyanto)pun turut serta ‘turun ke lapangan’ membantu secara langsung. (Wando)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.