oleh

Soal TTE, Ini Penjelasan Camat Cibinong!

INTELMEDIAUPDATE.COM, Cibinong – Mendorong Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemerintah daerah Kabupaten Bogor dalam hal ini tingkat Kecamatan Cibinong, sedang melaksanakan sosialisasi serta pendampingan berikut input data guna penyandian Tanda Tangan Elektronik (TTE) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan setempat. Itu diketahui berdasarkan keterangan Camat Cibinong DR.Rusliandy saat ditemui diruang kerjanya, kantor Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada hari Selasa (20/9/2022).

“Ya, pemerintah mendorong pelaksanaan SPBE yang salah satu diantaranya adalah surat-surat tata naskah dinas, dilakukan secara tanda tangan elektronik,” ungkap Rusliandy kepada Intelmedia.

Menurut keterangannya, khusus di lingkup pemerintah Kecamatan Cibinong, selain yang ada dikantor kecamatan tersebut, sosialisasi berikut pendampingan juga dilakukan pada tingkat kelurahan se-Kecamatan Cibinong selama bulan ini.

“Kelebihannya, pertama, tentu karena menggunakan sandi, jadi keamanannya lebih ‘safety’. Kedua, mengurangi penggunaan kertas (‘paperless’), dan yang ketiga, penyimpanan arsip lebih baik. Proses penanda tanganan pun jadi tidak mengharuskan ada ditempat (kantor), bisa dilakukan di lain tempat jika sedang monitoring kegiatan diluar,” kata Rusliandy menjelaskan.

“Berharap, bulan depan (Oktober 2022), semua kelurahan sudah menggunakan tanda tangan elektronik dalam surat-suratnya,” terangnya.

Masih ditempat dan waktu yang sama, Kepala Sub Bagian Umum/Kepegawaian (Kasubag Umpeg) pada kantor Kecamatan Cibinong, Dewi Advent N, turut menambahkan bahwa input data guna TTE ditingkat kelurahan sedang dilaksanakan.

“Hingga hari ini, sudah dilaksanakan di 4 kelurahan. Kelurahan Tengah, Kelurahan Pabuaran, Kelurahan Cibinong dan Kelurahan Ciriung. Sebelumnya ditargetkan dalam 1 hari 2 kelurahan, tapi ternyata tidak cukup waktu karena sempat terkendala ‘jaringan’ (koneksi internet). Jadi sekarang 1 hari 1 kelurahan saja,” imbuh Dewi menjelaskan.

Mengkonfirmasi hal tersebut, Lurah Ciriung, Heru Irawan, mengatakan, “ya, untuk TTE, tadi sudah dilakukan input data di kelurahan,” kata Heru. (Wando)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.