Pers Berperan Memajukan Bangsa

SETIAP tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN) . Tahun ini Peringatan Hari Pers Nasional dipusatkan di Medan, Sumatera Utara. Peringatan HPN bertepatan dengan hari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sebagaimana diketahui, PWI merupakan salah satu organisasi wartawan Indonesia. Selain PWI organisasi wartawan yang ada saat ini diantaranya seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), hingga Pewarta Foto Indonesia (PFI).

PWI berdiri pada tahun 1946 di Solo. Hari lahir PWI 9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden pada 23 Januari 1985.

Istilah Pers dipakai untuk semua jenis media massa, baik cetak, elektronik maupun online. Defenisi yang lebih detil tentang Pers dimuat dalam UU No 40 Tahun 2019 Tentang Pers. Pasal 1 ayat (1).

Yakni, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Standar karya jurnalistik yang profesional mengharuskan wartawan bersikap adil terhadap semua narasumber. Reporter dalam melaksanakan tugasnya di lapangan harus memberi kesempatan kepada narasumber yang ditulisnya untuk menanggapi.

Kebenaran karya jurnalistik, adalah kebenaran narasumber. Bukan kebenaran hukum. Karena itu, narasumber perlu kredibel, jelas, dan dari berbagai latar belakang. Jika narasumber menolak berkomentar, wartawan perlu menulis ketidaksediaan narasumber itu di dalam berita agar bersikap adil pada seluruh narasumbernya.

Dalam negara demokrasi, pers memiliki peranan penting menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi, media komunikasi, serta kontrol masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut pasal 33 UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers, dikatakan bahwa pers merupakan media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial. Fungsi pers yang paling penting ialah sebagai media informasi. Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui informasi mengenai berbagai hal, seperti informasi ekonomi, politik, hobi, dan berbagai bidang lainnya. Oleh karena itu, pers memiliki kewajiban untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang.

Di samping itu, pers juga memiliki tanggung jawab dalam menyebarkan beragam informasi untuk mendukung kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, pers juga berperan penting dalam proses pembangunan yang tengah dilakukan setiap warga negara. Selamat Hari Pers Nasional.

(Wapimred Intelmedia, Eko Octa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *