Ramadhan hingga Lebaran, Program Kesehatan Keliling Adian Libur Usai Layani Pengobatan 432 Desa

INTELMEDIA – Setelah melalui perjalanan waktu panjang, pengobatan keliling gratis Adian Napitupulu akan diistirahatkan sementara terhitung pada Senin (20/3/2023). Hal itu, karena akan memasuki Bulan Ramadhan saat umat Muslim melaksanakan ibadah puasa. Demikian disampaikan Haryanto, penanggungjawab struktural program pengobatan keliling gratis yang diinisiasi anggota DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu.

“Mengingat sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan, dan para tim kesehatan tentunya juga melaksanakan ibadah puasa, maka pengobatan keliling gratis untuk sementara diistirahatkan,” kata Wakil ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Haryanto usai menggelar layanan pengobatan di Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (20/3/2023).

Penuturan politisi lawas partai berlambang banteng bulat Kabupaten Bogor, program pengobatan keliling gratis yang melibatkan 2 dokter dan beberapa tenaga medis serta relawan ini dimulai 1 September 2022 lalu.

“Jadi, hingga saat ini, kegiatan pengobatan keliling gratis yang diinisiasi anggota DPR RI, dari Daerah Pemilihan Kabupaten Bogor, Adian Napitupulu, sudah 7 bulan lamanya. Sampai saat ini, sudah melayani 324 desa, dengan jumlah pasien 75.364 orang. Selama perjalanan waktu, 162 hari, ada rasa letih tapi tak terasa,” ucapnya.

“Ada rasa kepanasan dan kehujanan, tapi sirna setelah melayani warga masyarakat. Rasa berbahagia bersama melayani pengobatan warga itu menjadi obat keletihan kami para tim kesehatan. Tim Program Kesehatan Keliling Gratis Adian hingga saat ini sudah melayani 324 desa, dari total 435 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Bogor. Jadi, tinggal tersisa 111 desa,” tutur Haryanto didampingi penanggungjawab tim kesehatan, Doni Maradona Hutabarat.

Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, menjadi lokasi akhir layanan pengobatan rakyat, jelang memasuki Ramadan. Para pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor diantaranya Ketua DPC Bayu Syahjohan, Shasa Saijah Sambiyah, Ernawati, Himawan Tjia, serta senior PDI Perjuangan Karyawan Faturahman, juga Ketua PAC Sukaraja Hendri, turut hadir berbaur dengan masyarakat ikut melakukan pelayanan kesehatan.

“Jelang menyambut Ramadhan, kami dari tim kesehatan Program Pengobatan Gratis, Adian Napitupulu, dan PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa, untuk saudara kami Umat Muslim dimanapun berada,” tuntas Haryanto.

Sebagaimana diketahui, pengobatan gratis tersebut digagas anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Bogor, Adian Napitupulu.

Di sejumlah lokasi, pantauan pewarta media ini, gelaran kegiatan sosial partai besutan Megawati Soekanoputri tersebut direspon antusias oleh warga setempat. Pada setiap titiknya, ratusan warga sukacita memanfaatkan layanan pengobatan dan mendapatkan kacamata secara cuma-cuma.

Seperti pernah diwartakan sebelumnya, kegiatan tersebut dihelat untuk pengabdian kemanusiaan dan kesehatan masyarakat. Program pengobatan keliling ini mengerahkan mobil klinik ukuran besar, mobil ambulans dan mobil bak terbuka untuk mengakut permainan anak serta kelengkapan tenda pendukung.   (Eko Octa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar