Normalisasi Sungai Cianten Bogor Gandeng Pengusaha

Bogor – Normalisasi Sungai Cianten di Kampung Cisasak Desa Cijujung Kecamatan Cibungbulang sedang dilakukan, sebagai langkah antisipasi terjadinya kembali tanah longsor yang diatasnya terdapat pemukiman warga Kampung Bongas Desa Karehkel Kecamatan Leuwiliang.

Hal itu diungkapkan oleh Nanang Hidayat kepada Intelmedia, yang mengaku sebagai Koordinator Lapangan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) dibawah Dinas Perumahan Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor.

Menurutnya, kegiatan normalisasi ini merupakan proyek DPKPP Kabupaten Bogor yang tanpa menggunakan anggaran APBD. “Kegiatan ini bekerja sama dengan pengusaha dan di kerjakan dengan swakelola karna dalam program ini tidak menggunakan anggaran pemerintah seperti APBD,” ungkap Nanang Hidayat Koordinator Lapangan PSU kepada Intelmedia, Minggu (18/06/2023).

“Tahap pertama, kegiatan normalisasi ini dengan membuat Sodetan untuk memecah air ketika banjir sehingga tidak langsung menerjang tebing tanah yang diatasnya pemukiman warga Kampung Bongas Desa Karehkel yang sekarang tingginya mencapai 40 meter, kemudian kita juga akan memasang pintu air agar air bisa terbagi,” ucapnya.

Dengan menggandeng pengusaha yang mengambil material alamnya, normalisasi Sungai Cianten membutuhkan jangka waktu yang lama, diperkirakan paling cepat 5 tahun. Selain membuat sodetan, dilahan seluas 1 hektar yang telah disediakan akan dibangun Embung, sebagai tempat penyimpanan air sementara sebelum keluar lagi,

“Banyak sekali penggunaanya sodetan dan embung tersebut. Bisa digunakan kolam ikan air deras atau wisata¬† atau untuk pengolahan air bersih seperti PDAM dan beberapa pungsi lain,”

“Maka dari itu, kita sekarang fokus untuk membuat sodetan dulu, normalisasi dulu supaya disaat air deras datang tidak naik dan tidak longsor,” pungkasnya.

Laporan :Dipidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *