Terobsesi ingin Wakafkan Waktu untuk Pelayanan Warga, Dias Siap Dorong Pembangunan dari RW

INTELMEDIA – Menyebut kata RW dan RT tentu bukan hal yang asing lagi. Warga RW 03, Komplek ABRI Sukasari, Kelurahan Lawanggintung, Kota Bogor, Dias Sri Haptiningsih menyampaikan, RT dan RW merupakan bagian dari kehidupan keseharian masyarat, tugasnya serupa tapi tak sama.

“RW merupakan lembaga pemerintah yang terdiri dari beberapa kelompok RT di suatu kelurahan yang dipimpin satu ketua RW. Sementara, RT menghimpun beberapa Kepala Keluarga atau KK di dipimpin oleh satu ketua,” kata Dias yang memiliki pengalaman di sejumlah organisasi kepada pewarta, Jumat (30/6/2023).

Wanita kelahiran Jakarta, 17 Mei 1966 ini melanjutkan, RT/RW merupakan organisasi paling dekat dengan masyarakat serta berkewajiban memahami kondisi dan permasalahan yang dihadapi warga dilingkungannya.

“Dengan adanya RT/RW diharapkan mampu membantu melaksanakan peranan pemerintah dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat dilingkungannya, salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh RT/RW yaitu surat pengantar,” tuturnya.

RT dan RW memiliki tugas sebagaimana dinyatakan dalam ketentuan Pasal 7 ayat (1) Permendagri 18/2018, serta diatur Perwali Kota Bogor No 77 tahun 2014.

“Peran RW yakni mendorong stabilitas nasional dari susunan paling kecil di dalam masyarakat didalam menjaga keamanan dan ketertiban willayah tertentu. Serta, menjadi sarana penghubung yang paling dekat antara masyarakat dan pemerintah secara langsung. Hingga, menjaga keamanan lingkungan,” tukasnya.

“Dan, melalui pengantar RT/RW warga bisa memperoleh pelayanan serta mengurus surat yang diperlukan seperti pelayanan KTP, surat keterangan tidak mampu dan KK. Selain itu, juga mengemban peran melancarkan pelayanan masyarakat, dalam hal ini meningkatkan kinerja pemerintahan kelurahan dalam menangani warga,” imbuh Dias.

Kepada awak media ini, ia juga menyampaikan tak lagi berkecimpung dalam dunia politik. Jika sebelumnya, pernah menjadi simpatisan salah satu parpol dilatarbelakangi kepemilikan hak pilih menurut UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kini ia memilih independen.

“Obsesi saya, ingin mewakafkan perjalanan usia saya untuk melayani warga. Kebahagiaan saya, bukan soal materi. Tapi, nilai bahagia menurut saya, yakni jika bisa membantu dan bermanfaat untuk orang lain atau untuk yang banyak. Itu yang menjadi motivasi dan prinsip hidup saya,” tuntas kandidat Ketua RW 03, Lawanggintung dengan nomor urut 1 ini.

Sebagai informasi, Dias Sri Haptiningsih selama ini dikenal sebagai aktivis Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri. Selainitu, ia tercatatsebagai relawan kemanusiaan. Selama ini,  ia nyaris tak pernah absen membantu warga dalam beragam kegiatan sosial hingga evakuasi bencana alam dilingkungan Kota Bogor dan sekitarnya. Ia juga dikenali aktif turut serta dalam kegiatan budaya di Kota Bogor. (Eko Octa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *