Asyik… Kwarran Dramaga Gelar Jambore Ranting 2023

INTELMEDIAUPDATE.COM – Tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia, dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar Kepramukaan dan metodik pendidikan kepramukaan, yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia.

Untuk menunjang hal tersebut diatas, dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke 62,  Kwartir Ranting Dramaga menggelar Jambore Ranting yang dilaksanakan tanggal 25-27 Agustus 2023 bertempat di Villa Cerena Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kasbupaten Bogor yang diikuti oleh peserta didik SD/MI dan SMP/MTs yang ada di wilayah Kecamatan Dramaga dengan jumlah peserta sebanyak 1 regu Putra ( 8 Orang ) dan satu regu Putri ( 8 Orang ) serta 1 orang pembina Pendamping Putra dan 1 orang pembina pendamping putri dari masing-masing Gugus Depan. Peserta jambore Ranting Dramaga berjumlah 880 orang yang terdiri dari 34 SD, 2 SDIT, 3 MI, 1 MTs dan 7 SMP.

Jambore merupakan kegiatan pertemuan besar Penggalang yang dilaksanakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan. Kegiatan yang dilakukan adalah anjangsana sesama peserta, perkenalan, permainan teknik keparamukaan, kretifitas seni, dan ajang mempererat tali persatuan, persahabatan dan kebersamaan.

Tujuan Kegiatan Jambore adalah :

  1. Sebagai Kegiatan besar Penggalang
  2. Sarana untuk bermain sambil belajar bagi sesama anggota Penggalang
  3. Memperkenalkan kegiatan Pramuka kepada masyarakat
  4. Ajang untuk berkenalan, menambah sahabat serta persaudaraan
  5. Belajar hidup mandiri di alam terbuka di luar lingkungan sekolah dan keluarga

Mengangkat tema “ PRAMUKA MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PROFESIONAL DAN PROFORSIONAL “

Kegiatan Jambore ranting Dramaga dihadiri oleh Camat Dramaga selaku Ka Mabiran, perwakilan Kwartir Cabang Kabupaten Bogor, Kapolsek Dramaga, Danramil, Ketua K3S Kecamatan Dramaga serta Ketua PGRI Cabang Dramaga.

Kak Tenny Ramdhani selaku Ka Mabiran berharap walaupun Jambore diadakan di luar wilayah Kecamatan Dramaga tidak mematahkan semangat kami agar kegiatan jambore tingkat kecamatan Dramaga ini tetap berjalan.

Andalan Cabang Kwarcab Kabupaten Bogor Ka R. Body S mengapresiasi setiap Kwarran melaksanakan kegiatan Jambore, salah satunya untuk melatih peserta didik usia penggalang untuk melatih mandiri dan mendekatkan diri pada alam. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *