Tepi Badan Jalan Bakal Jadi Lokasi Kuliner PDAM Tirta Pakuan, Camat Ajak Dialog Pedagang Tanaman Hias

INTELMEDIA – Sebanyak 8 pedagang tanaman hias yang saat ini berjualan di Jalan Padjajaran, Kelurahan Sukasari, bakal direlokasi ke Jalan Regional Ring Road (R3), Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Karena, nantinya, Pemerintah  Kota (Pemkot) Bogor bersama Perumda Tirta Pakuan dan PT Tirta Investama (Danone Aqua), akan membangun pusat kuliner di Jalan Pajajaran.

Hal itu disampaikan Camat Bogor Timur, Feby Darmawan saat gelar dialog dengan Paguyuban Pedagang Tanaman Hias yang dihadiri Lurah Sukasari Surya Hasan dan Lurah Katulampa Irwansyah di Kantor Kelurahan Katulampa, pada Senin (27/11/2023).

“Dialog ini digelar agar pedagang tanaman hias di Jalan Padjajaran mempersiapkan ke R3. Karena, nantinya di lokasi tersebut akan digunakan untuk kuliner,” kata Camat Bogor Timur.

Dia menambahkan, pihaknya memberi kelonggaran waktu kepada 8 pedagang tanaman hias untuk mempersiapkan pindah ke lokasi baru, selama seblan ke depan. Menurutnya, pada tahun 2019 silam, pedagang tanaman hias yang kini di Jalan Padjajaran sudah diberikan tempat di R3, tapi kembali ke tempat semula.

“Jadi, nantinya di R3 merupakan sentra tanaman hias, selain di Jalan Padjajaran Kecamatan Bogor Utara,” imbuhnya.

Saat dialog, perwakilan pedagang tanaman hias NFR Nasution menyampaikan usulan agar tetap berjualan di tempat semula.

“Kenapa? Karena, saat ini ekonomi lagi lesu. Dan, R3 lokasinya belum bisa dipastikan pedagang akan menuai keuntungan, sementara setiap harinya butuh makan. Kami minta pedagang berjualan di tempat semula,” tukas pria yang akrab disapa Ucok Nasution.

Menanggapi hal itu, Camat Bogor Timur Feby Darmawan mengatakan, lokasi di Jalan Padjajaran, Kelurahan Sukasari yang menjadi tempat berjualan tanaman hias saat ini sudah disewa pihak PDAM Tirta Pakuan.

“Karena sudah disewa PDAM Tirta Pakuan, ada kekuatan hukumnya hitam diatas putih, mau tidak mau pedagang harus segera pindah. Dan, pemerintah daerah sudah menyiapkan lokasi baru di R3. Hanya tidak boleh dibuat usaha warung, karena peruntukannya tanaman hias,” ucap Feby.

Sementara itu, Ketua Pedagang Tanaman Hias, Husen saat diminta komentarnya menyampaikan belum bisa memberi jawaban.

“Kami akan timbang atau pikir-pikir dulu,” singkatnya.

(Nesto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *