KEGIATAN EVALUASI DAN PERENCANAAN PUPUK BERSUBSIDI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRI KABUPATEN BOGOR

IntelMedia – Kepala Bidang Tertibniaga Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan rapat evaluasi dan perencanaan pupuk bersubsidi Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Tertibniaga, Anton sudjana, SE, MH yang dilaksanakan di Dinas perdagangan dan Perindustrian Pembinaan kepada pelaku usaha Pupuk Bersubsidi untuk dapat mematuhi kewajiban.

Aplikasi penebusan pupuk bersubsidi yang baru yaitu aplikasi I-Pubers, yang mana aplikasi tersebut akan diluncurkan oleh Pupuk Indonesia. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah kios dan petani dalam transaksi pupuk bersubsidi.

Distributor terkait penyaluran pupuk bersubsidi selama tahun 2023 dan kendala serta persiapan penyaluran pada tahun 2024 dari PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia terkait kendala dalam pendaftaran OSS, yang mana mereka sudah mendaftar.

Kerja sama dengan Dinas Distanhorbun untuk membuat kronologi terkait kendala yang ada di lapangan Distributor dan Pupuk Indonesia diminta untuk mengirimkan rekapan penyaluran ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor.

Pemantauan bersama yang akan diselenggarakan untuk mengungkap laporan dari PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia terkait kendala dalam pendaftaran OSS, pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian kerjasama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor. Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas program dasar pemerintah.

Pemberian pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian dimaksudkan untuk melindungi petani dari seluruh harga pupuk dunia sehingga petani dapat membeli pupuk sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (het) yang ditetapkan berdasarkan permentan.

Dalam penyediaan dan penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani diperlukan upaya pengamanan melalui pengawalan/pengawasan secara terkoordinasi dan komprehensif oleh instansi terkait baik di pusat maupun daerah.

Di tingkat daerah tim verifikasi dan validasi penyaluran pupuk bersubsidi melaksanakan verifikasi data hasil penyaluran distribusi pupuk bersubsidi dari tingkat kios distributor resmi kepada kelompok tani/petani.

Dalam penyaluran pupuk bersubsidi tidak terlepas dari beberapa permasalahan. Terutama terkait validasi data penyaluran pupuk bersubsidi. (disdagin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *