KEGIATAN PEMBERDAYAAN PENGELOLA SARANA DISTRIBUSI PERDAGANGAN TAHUN 2024 ANGKATAN III

IntelMedia – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan pemberdayaan pengelola sarana distribusi perdagangan tahun 2024. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Arif Rahman SH, MH. yang dilaksanakan di Hotel New Ayuda, Kecamatan Megamengung, Kabupaten Bogor.

Penataan pasar rakyat merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah agar pasar rakyat tetap ada seiring dengan berkembangnya pasar modern. Saat ini, pasar menjadi salah satu penggerak utama kegiatan ekonomi masyarakat. Jadi, dapat dikatakan pasar merupakan suatu tempat pengalokasian sumber daya ekonomi yang berdaya oleh masyarakat.

Dalam rangka pasar rakyat di wilayahnya baik dalam mengembangkan potensi dan kualitas sumber daya manusia, para pengelola pasar dan pedagang pasar, meningkatkan kualitas pelayanan, penataan, pemeliharaan bangunan, kebersihan, keamanan dan kenyamanan pasar menuju pasar bersetifikat sni, perlunya peran pemerintah dalam memotivasi para pengelola pasar rakyat sehingga mereka dapat terus berkembang untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas di pasar rakyat. Pemerintah juga berupaya untuk memotivasi para pedagang pasar rakyat agar dapat berperan aktif dan bekerja sama dengan para pengelola pasar rakyat.

Menyadari pentingnya fungsi dari pasar rakyat serta untuk menjaga daya saing dan kualitas pasar rakyat, upaya pemerintah daerah melalui dinas perdagangan dan perindustrian kabupaten Bogor dalam meningkatkan kualitas pasar rakyat dan sebagai bentuk motivasi kepada pasar rakyat adalah memberikan pelatihan (pemberdayaan) kepada pengelola dan pedagang pasar rakyat di kabupaten wilayah bogor.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan pengelola sarana distribusi perdagangan yaitu:

Memberikan informasi dan pengetahuan mengenai pengelolaan dan pengelolaan pasar rakyat, serta mengembangkan potensi dan kualitas para pengelola pasar dan pedagang pasar;

Membaca potensi dan kualitas sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pasar rakyat maupun omset penjualan para pedagang.

Baik pengelola maupun pedagang memperoleh nilai, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat berperan secara efektif dalam pengelolaan pasar rakyat;

Kegiatan pemberdayaan pengelola sarana distribusi perdagangan angkatan III ini sebanyak 45 (empat puluh lima) orang peserta yang terdiri dari kepala unit pasar, staf pasar dan pedagang pasar rakyat di wilayahnya. Adapun peserta tersebut berasal dari pasar Cisarua, pasar Citayam dan pasar Citeureup 1 .

Selain itu, pada kesempatan baik ini saya mengajak bapak dan ibu peserta untuk dapat menyimak materi-materi yang akan diberikan oleh para narasumber dan diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. (disdagin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *