KEGIATAN SIDANG TERA ULANG SECARA BERKALA DI PASAR CIBINONG KABUPATEN BOGOR

IntelMedia – Dalam rangka pencanangan Daerah Tertib Ukur (DTU), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melaksanakan Sidang Tera Ulang untuk alat ukur atau timbang di Pasar Cibinong, Rabu (6/3). Kegiatan terdeteksi langsung Pj.Bupati Bogor, Asmawa Tosepu. Ia mengatakan, alhamdulillah di Pasar Cibinong, tera ulang dilakukan secara berkala.

hal. Bupati Bogor menyaksikan langsung kegiatan Sidang Tera Ulang di Pasar Cibinong bersama Ketua Tim Bina Kelembagaan Metrologi Legal, Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan IV Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor. Turut mendampingi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Direktur Utama Perumda Pasar Tohaga, jajaran kepala perangkat daerah, dan Camat Cibinong.

hal. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menjelaskan, hari ini menyaksikan langsung berbagai macam alat ukur atau timbangan yang ada di Pasar Cibinong, yang sehari-harinya digunakan oleh pedagang yang dilakukan tera ulang. Tadi menjelaskan bahwa masing-masing alat ukur ada batas toleransinya. Memang ada mekanisme tertentu yang dilakukan oleh rangka presisinya alat ukur tersebut.

“Alhamdulillah, di Pasar Cibinong ini secara berkala dilakukan validasi atau tera ulang untuk menguji kesesuaian alat ukur tersebut. Ini adalah bagian dari upaya kita bersama memberikan layanan kepada masyarakat terutama kepada para pembeli, agar barang yang dibeli sesuai takarannya ketika ditimbang,” jelas Asmawa.

Asmawa menambahkan, dirinya menekankan kepada jajaran yang terkemuka sektornya ada di Dinas Perdagangan dan Perindustrian, untuk terus melakukan tera ulang atas alat ukur yang dimiliki pedagang di pasar.

“Saya mohon melakukan pengawasan dan pelatihan kepada masyarakat, karena penting bagi pedagang memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli, dengan pengukuran yang sesuai. Karena jika tidak sesuai, hukumannya bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat,” ujar Asmawa Tosepu.

Terkait kegiatan Sidang Tera Ulang di Pasar Cibinong, salah seorang pedagang, Supriyono mengungkapkan, dirinya menyambut baik kegiatan tersebut karena sangat membantu para pedagang pasar terutama untuk tera ulang timbangan.

“Bagus, ini sangat membantu para pedagang, terutama untuk tera ulang timbangan. Alhamdulillah, untuk tahun ini sudah tidak ada biaya apapun. Harapan ke depannya lebih ditingkatkan lagi, jadi keseluruhan timbangan yang dimiliki pedagang bisa ditera ulang,” tandas Supriyono.

Wayan Sukarpe, Penera Ahli Muda Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor menerangkan, sidang tera ulang ini untuk pengujian timbangan yang ada di Pasar Cibinong, tentunya timbangan yang dipakai para pedagang sehari-hari. Kegiatan ini dalam rangka upaya Kabupaten Bogor meraih predikat Daerah Tertib Ukur.

“Hari ini kita laksanakan di Pasar Cibinong, ke depannya semua pasar di Kabupaten Bogor akan kita lakukan sidang tera ulang. Supaya timbangan atau alat ukur yang digunakan pedagang terjamin keakuratannya. Serta tidak ada lagi praktik kondisi dalam jual beli di pasar,” terangnya .

Ia menuturkan, alhamdulillah tahun ini tidak ada biaya alias gratis, jadi sudah tidak ada retribusi. Hal ini sudah sesuai dengan undang-undang yang menghapus biaya retribusi untuk kegiatan sidang tera ulang alat ukur atau timbangan di pasar. (disdagin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *