Atasi Banjir, Cibinong Kembali Bangun Drainase Vertikal

INTELMEDIAUPDATE, Cibinong – Untuk lebih cepat dalam mengatasi banjir yang kerap dialami oleh masyarakat, pengadaan Drainase Vertikal di Kecamatan Cibinong kembali dikerjakan. Itu diketahui berdasarkan pengerjaan tersebut pada Kelurahan Pabuaran dan Kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

“Ini program dari Dinas PUPR Kabupaten Bogor. Tahun ini, di Kecamatan Cibinong, 2 kelurahan yang menerima, Kelurahan Pabuaran dan Sukahati,” ungkap Lurah Pabuaran melalui Kepala seksi Perekonomian dan Pembangunan kelurahan setempat, Rosita Budiyawati, kepada Intelmediaupdate (28/5/2024).

Menurut keterangan Rosita, untuk keberadaan drainase berdasarkan pengajuan dari para warga masyarakat yang lingkungannya kerap mengalami banjir, pihaknya menindak lanjuti dengan mengajukan ke Dinas PUPR.

“Dari PUPR menyerahkan pelaksanaannya secara langsung kepada KSM (kelompok swadaya masyarakat),” tuturnya.

Ditempat yang sama, ketua KSM Kelurahan Pabuaran, Budi, turut memaparkan tentang pengerjaan Drainase Vertikal yang telah dilaksanakan.

“Yang sudah dikerjakan, untuk termin ke-1 ada 6 ‘titik’ dari total rencana pengadaan sebanyak 15 ‘titik’. Sisanya nanti di termin ke-2. Kami mulai mengerjakannya pada tanggal 16 Mei, di rt.09/03, di rt.5 dan rt.10/11. Hampir 2 minggu waktu pengerjaannya,” papar Budi.

Masih menurut Budi, masing-masing ‘titik’ drainase vertikal atau sumur resapan memiliki daya tampung sebanyak 1,2m3 air.

Terpisah, ketua KSM Kelurahan Sukahati, Slamet, mengkonfirmasi terkait pelaksanaannya.

“Sama, di Sukahati yang dikerjakan sebanyak 6 ‘titik’ pada termin pertama. Mulai tanggal 20/5 kemaren, lokasinya di rw.01, rw.03 dan rw.05. Untuk termin selanjutnya, nunggu info dari PUPR,” kata Slamet.

(Wando)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *