SMPN 4 Leuwiliang Raih Juara 3 Tingkat Nasional AIA Healthiest Schools Competition

Bogor – SMPN 4 Leuwiliang meraih prestasi dengan keluar sebagai juara ke 3 National AIA Healthiest Schools Competition kategori sekolah menengah pertama. Kompetisi yang diikuti oleh 145 sekolah dalam kategori SD dan SMP dari berbagai daerah di Indonesia ini sudah dimulai sejak September 2023 lalu dan sudah berakhir di 8 Maret 2024.

“Alhamdulillaah, kita meraih juara ke 3 untuk kategori sekolah menengah pertama yang diikuti 145 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia. Kita dapat membawa nama baik daerah, walaupun sekolahan kita berada di daerah pegunungan namun tidak kalah dari sekolahan yang berada di kota,” ujar Kepala Sekolah SMPN 4 Leuwiliang Ida Zuraida saat ditemui dikatornya, Selasa (21/05/2024).

Pengumuman yang dilaksanakan di Menara Kompas, Jakarta Pusat bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ini dihadiri oleh 50 perwakilan sekolah guru dan murid dari SD dan SMP, Dewan Juri, perwakilan manajemen AIA, dan perwakilan dari Kemendikbudristek Republik Indonesia.

AIA Healthiest School merupakan program yang bertujuan untuk membangun dan membiasakan pola hidup sehat di lingkungan dan komunitas sekolah melalui materi pembelajaran. Program ini bertujuan untuk mendukung kampanye Sekolah Sehat yang sudah berjalan sejak tahun 2022 oleh Kemendikbudristek.

“Jadi di kita ini setiap Selasa itu ada sarapan sehat, untuk anak putrinya itu kita kasih minum tablet penambah darah yang bekerjasama dengan Puskesmas Leuwiliang, Rabu itu senam sehat, Kamis itu solat dhuha dan jumatnya itu ada jumsih atau jumat bersih,” ucap Ida

Lebih lanjut menurutnya, SMPN 4 Leuwiliang termasuk dalam 417 Sekolah Adiwiyata Nasional 2023, yaitu tingkat kedua tertinggi setelah Sekolah Adiwiyata Mandiri.

“Kita juga mendapatkan Penghargaan ‘Sekolah Adiwiyata’ diberikan kepada sekolah-sekolah yang dianggap oleh KLHK sukses menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup sesuai yang tertulis dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

“Kita terus memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan sehingga timbulnya inisiatif dalam merawat lingkungan sekitarnya.” pungkasnya.

Laporan : Dipidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *