Bumikan Gerakan Peduli Budaya Lingkungan Hidup di Sekolah, Pemkab Bogor Lakukan Verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata

IntelMedia – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor lakukan verifikasi lapangan calon sekolah adiwiyara tingkat Kabupaten Bogor tahun 2024 terhadap 45 SD dan SMP yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor.

Tim verifikasi lapangan Calon Sekolah Adiwiyata tahun 2024 terbagi menjadi tiga tim dengan melibatkan sejumlah Perangkat Daerah terkait.

Ketua Tim Kemitraan dan Perserta Masyarakat pada Bidang Pengendalian dan Pencemaran dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Surya Sumini mengatakan, verifikasi lapangan calon sekolah adiwiyata ini dilaksanakan selama empat hari dari 24 sampai 27 Juni 2024 mendatang, tentunya untuk melihat kesesuaian antara administrasi yang sudah calon sekolah adiwiyata diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup dengan kondisi di lapangan apakah sudah melaksanakan penerapan budaya lingkungan sekolah yang Sehat.

“Yang terpenting dalam kegiatan verifikasi ini adalah gerakan PBLHS-nya yaitu gerakan peduli budaya lingkungan hidup di sekolah,” ungkap Surya Sumini.

Menurutnya dalam verifikasi ini ada tiga komponen yang akan dicek yaitu dari perencanaan, pelaksanaan dan monitoring. Juga enam aspek yang akan dicek langsung yakni adalah kebersihan sanitasi, ada penanaman pohon, pemeliharaan dan penanaman pohon, ada juga pengelolaan sampah, konservasi energi, konservasi air, terus juga adalah inovasi.

“Jadi enam komponen ini yang tadi konservasi air, penanaman, pengelolaan dan pengelolaan lingkungan. Alhamdulillah tahun ini ada sekitar 45 sekolah yang akan diverifikasi untuk tingkat kabupaten. Mudah-mudahan semuanya bisa lolos. Semoga dengan adanya verifikasi ini semakin banyak sekolah yang mengikuti program adiwiyata ini,” harapnya.

Selanjutnya, salah satu verifikator dari Tim tiga, Endin H menambahkan, hari ini ia bersama tim tiga telah melaksanakan verifikasi ke lima sekolah yang ada di wilayah Leuwisadeng, Leuwiliang dan Cibungbulang.

“Hasil verifikasi hari ini menjadi bahan tindak lanjut dan evaluasi kami ke depan,” imbuhnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *